سورة النساء آية 0022



ولا تنكحوا ما نكح آباؤكم من النساء إلا ما قد سلف إنه كان فاحشة ومقتا وساء سبيلا


  1. as

Indonesian

Dan janganlah kamu kawini wanita-wanita yang telah dikawini oleh ayahmu, terkecuali pada masa yang telah lampau. Sesungguhnya perbuatan itu amat keji dan dibenci Allah dan seburuk-buruk jalan (yang ditempuh).

Malay

Dan janganlah kamu berkahwin (dengan perempuan-perempuan) yang telah diperisterikan oleh bapa kamu kecuali apa yang telah berlaku pada masa yang lalu. Sesungguhnya perbuatan itu adalah satu perkara yang keji, dan dibenci (oleh Allah), serta menjadi seburuk-buruk jalan (yang dilalui dalam perkahwinan).

Quraish Shihab

Janganlah mengawini wanita-wanita yang telah dikawini oleh ayah kalian. Hal itu merupakan perbuatan keji dan buruk yang dimurkai Allah dan manusia. Itulah jalan dan tujuan yang paling jelek. Walaupun demikian, Allah tetap akan memaafkan apa yang telah lampau di zaman jahiliah(1). (1) Bangsa Arab jahiliah mempunyai tradisi yang menempatkan wanita pada posisi yang rendah. Apabila seorang bapak meninggal dunia dan meninggalkan anak laki-laki dan istri lain selain ibunya, maka anak laki-laki harus mengawini janda ayahnya itu tanpa akad nikah baru. Seorang istri yang sudah digauli suami kemudian dijatuhi talak, berkewajiban mengembalikan maskawin yang pernah diterimanya. Lebih dari itu, di antara orang-orang Arab jahiliah ada yang melarang dengan semena-mena istri yang ditinggalkan bapaknya untuk kawin kecuali dengan dirinya. Setelah Islam datang, semua perilaku tersebut dihilangkan. Al-Qur’ân menyebut perbuatan-perbuatan tersebut dengan kata “maqt” yang sering diartikan sebagai ‘kemurkaan’, karena semua itu merupakan hal yang sangat jelek yang dimurkai Allah dan orang-orang yang berakal sehat. Di situlah letak keadilan Allah.


asa


asa


  1. امهات التفاسير
    00310 ت – تفسير جامع البيان في تفسير القرآن – تفسير الطبري
    00538 ت – تفسير الكشاف – تفسير الزمخشري
    00606 ت – تفسير مفاتيح الغيب التفسير الكبير – تفسير الرازي
    00671 ت – تفسير الجامع لأحكام القرآن – تفسير القرطبي
    00774 ت – تفسير القرآن الكريم – تفسير ابن كثير
    00685 ت – تفسير أنوار التنزيل وأسرار التأويل – تفسير البيضاوي
    00864 ت – تفسير الجلالين – تفسير المحلي والسيوطي
    01250 ت – تفسير فتح القدير – تفسير الشوكاني
    تفاسير أهل السنة
    00817 ت – تفسير القرآن – تفسير الفيروز أبادي
    00375 ت – تفسير بحر العلوم – تفسير السمرقندي
    00450 ت – تفسير النكت والعيون – تفسير الماوردي
    00516 ت – تفسير معالم التنزيل – تفسير البغوي
    00546 ت – تفسير المحرر الوجيز في تفسير الكتاب العزيز – تفسير ابن عطية
    00597 ت – تفسير زاد المسير في علم التفسير – تفسير ابن الجوزي
    00660 ت – تفسير القرآن – تفسير ابن عبد السلام
    00710 ت – تفسير مدارك التنزيل وحقائق التأويل – تفسير النسفي
    00725 ت – تفسير لباب التأويل في معاني التنزيل – تفسير الخازن
    00754 ت – تفسير البحر المحيط – تفسير أبو حيان
    00803 ت – تفسير التفسير – تفسير ابن عرفة
    00728 ت – تفسير غرائب القرآن ورغائب الفرقان – تفسير القمي النيسابوري
    00875 ت – تفسير الجواهر الحسان في تفسير القرآن – تفسير الثعالبي
    00880 ت – تفسير اللباب في علوم الكتاب – تفسير ابن عادل
    00885 ت – تفسير نظم الدرر في تناسب الآيات والسور – تفسير البقاعي
    00911 ت – تفسير الدر المنثور في التفسير بالمأثور – تفسير السيوطي
    00951 ت – تفسير إرشاد العقل السليم إلى مزايا الكتاب الكريم – تفسير أبو السعود
    00150 ت – تفسير مقاتل ابن سليمان – تفسير مقاتل ابن سليمان
    00427 ت – تفسير الكشف والبيان – تفسير الثعلبي
    00104 ت – تفسير مجاهد – تفسير مجاهد ابن حبر المخزومي
    00756 ت – تفسير الدر المصون – تفسير السمين الحلبي
    00741 ت – تفسير التسهيل لعلوم التنزيل – تفسير ابن جزي الغرناطي
    00360 ت – تفسير التفسير الكبير – تفسير الطبراني
    00333 ت – تفسير تأويلات أهل السنة – تفسير الماتريدي
    01241 ت – تفسير حاشية الصاوي – تفسير الجلالين
    00161 ت – تفسير سفيان الثوري – تفسير عبد الله سفيان بن سعيد بن مسروق الثوري الكوفي
    00303 ت – تفسير النسائي – تفسير النسائي
    00211 ت – تفسير عبد الرزاق الصنعاني مصور – تفسير همام الصنعاني
    01332 ت – تفسير محاسن التأويل – تفسير محمد جمال الدين القاسمي
    01354 ت – تفسير المنار – تفسير محمد رشيد بن علي رضا
    00399 ت – تفسير القرآن العزيز – تفسير ابن أبي زمنين
    00330 ت – تفسير كتاب نزهة القلوب – تفسير أبى بكر السجستاني
    00548 ت – تفسير مجمع البيان في تفسير القرآن – تفسير الطبرسي
    00460 ت – تفسير التبيان الجامع لعلوم القرآن – تفسير الطوسي
    00283 ت – تفسير القرآن – تفسير التستري
    تفاسير أهل السنة السلفية
    01921 م – تفسير أيسر التفاسير – تفسير أبو بكر الجزائري
    01376 ت – تفسير تيسير الكريم الرحمن في تفسير كلام المنان – عبد الرحمن بن ناصر بن السعدي
    تفاسير حديثة
    01270 ت – تفسير روح المعاني – تفسير الألوسي
    01387 ت – تفسير في ظلال القرآن – تفسير سيد قطب
    01393 ت – تفسير التحرير والتنوير – تفسير ابن عاشور
    01393 ت – تفسير أضواء البيان في تفسير القرآن – تفسير الشنقيطي
    01418 ت – تفسير خواطر محمد متولي الشعراوي
    01431 ت – تفسير الوسيط في تفسير القرآن الكريم – تفسير طنطاوي
    تفاسير مختصرة
    00468 ت – تفسير الوجيز – تفسير الواحدي
    00754 ت – تفسير النهر الماد – تفسير الأندلسي
    تفاسير ميسرة
    01332 ت – تفسير تيسير التفسير – تفسير إطفيش
    01404 ت – تفسير تيسير التفسير – تفسير القطان
    00000 – تفسير المنتخب في تفسير القرآن الكريم – لجنة القرآن الكريم
    02011 ت – تفسير أيسر التفاسير – تفسير أسعد حومد
    01930 م – تفسير آيات الأحكام – تفسير الصابوني
    01930 م – تفسير مختصر تفسير ابن كثير – تفسير الصابوني
    01930 م – تفسير صفوة التفاسير – تفسير الصابوني

as


as


sa


sa


Leave a comment